Yang Harus Diperhatikan Dalam Pelaksanaan Umrah Pada Masa Pandemi

Yang Harus Diperhatikan Dalam Pelaksanaan Umrah Pada Masa Pandemi

Sejak awal tahun lalu, penyakit COVID-19 secara pandemi melanda seluruh dunia. Penyakit ini telah menyebabkan banyak kesakitan dan kematian. Dalam upaya menghentikan laju dampak buruk pandemi di Arab Saudi dan dunia, Pemerintah Saudi telah membatasi ibadah Umrah.

Akibatnya sangat banyak sekali umat Islam di seluruh dunia yang terhambat untuk melakukan ibadah ini. Seperti diketahui, jumlah visa umrah yang dikeluarkan pemerintah Saudi berjumlah jutaan. Namun sejak 1 November 2020 pintu sudah mulai dibuka kembali.

Melihat perkembangan situasi terakhir, pembukaan ibadah umrah dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Diantaranya dengan membatasi kuota hanya sebanyak 25.000 pengunjung saja.

Selain itu terdapat beberapa persyaratan yang harus juga dipenuhi. Berikut adalah beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan Umrah:

Umur

Dilakukan pembatasan umur pada jamaah yang akan melakukan ibadah umrah. Umur yang diperbolehkan adalah 18 sampai dengan 50 tahun.

Test PCR

Sejak pandemi, istilah PCR cukup akrab didengar di telinga. PCR adalah pemeriksaan laboratorium untuk konfirmasi diagnosa COVID. Seluruh jamaah diwajibkan melampirkan hasil tes PCR yang dilakukan maksimal 72 jam sebelum tiba di Saudi.

Karantina

Setibanya di Saudi, semua jamaah akan diarahkan ke hotel dan dikondisikan untuk melakukan karantina selama tiga hari. Setelah itu perjalanan akan dilanjutkan ke Mekah dan Madina.

Dilakukan Berkelompok

Saat ini kegiatan ibadah umrah hanya dapat dilakukan secara berkelompok. Perjalanan mandiri atau perorangan tidak dibenarkan dan tidak akan disetujui pemerintah Saudi.

Ketentuan yang harus diperhatikan tersebut di atas berlaku sampai dengan pemberitahuan berikutnya yang akan diumumkan pemerintah Saudi.

Yang Harus Diperhatikan Dalam Pelaksanaan Umrah Pada Masa Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top